Tuesday, July 21, 2009

DISIPLIN: BUKA MINDA

Memang susah membentuk karakter dan budaya bangsa. Ini mungkin karena karakter dan budaya bangsa sebenarnya terbentuk dari kumpulan karakter dan budaya individu. Indonesia memmiliki ratusan suku dan ribuan pulang. Berbeda tepat maka berbeda karakter. Tentunya yang dimaskud dengan karakter disini adalah karakter kedaerahan.
Tetapi ada satu hal dan ini pasti bahwa karakter disiplin merupakan karakter yang pasti sangat ditekankan untuk dimiliki oleh setiap individu.
Setiap orang yang sukses pastilah dia terbentuk dari kedisiplinan. Tentunya idealnya disiplin yang terbentuk pada individu adalah disiplin disemua aspek, namun mungkin setiap orang mempunyai takaran yang berbeda dalam menyikapi disiplin. ada yang disiplin dalam belajar saja, ada yang disiplin dalam bekerja, ada yang disiplin dalam beribadah. Nah jika yang terakhir saya amati, sebenarnya jika kita menyadari bahwa semua aktivitas kita adalah ibadah maka kita tidak akan bersikap negatif terhadap berbagai aspek. Mari kita belajar berdisiplin.

No comments:

Post a Comment